Rambu Lalu Lintas

Rambu Lalu Lintas

Rambu lalu lintas adalah perlengkapan jalan yang utama dalam mengatur, memberi peringatan dan mengarahkan lalu lintas yang berupa sebuah lambang, huruf, angka, kalimat dan/atau perpaduan di antaranya. Rambu lalu lintas terdiri dari Rambu Peringatan, Rambu Perintah, Rambu Larangan, Rambu Petunjuk.
Rambu yang efektif harus memenuhi hal-hal berikut:
1. Memenuhi kebutuhan.
2. Menarik perhatian dan mendapat respek pengguna jalan.
3. Memberikan pesan yang sederhana dan mudah dimengerti.
4. Menyediakan waktu cukup kepada pengguna jalan dalam memberikan respon.

Perencanaan dan Pemasangan Rambu Lalu Lintas

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, pertimbangan-pertimbangan yang harus diperhatikan dalam perencanaan dan pemasangan rambu adalah:

1. Keseragaman bentuk dan ukuran rambu

Keseragaman dalam alat kontrol lalu lintas memudahkan tugas pengemjudi untuk mengenal, memahami dan memberikan respon. Konsistensi dalam penerapan bentuk dan ukuran rambu akan menghasilkan konsistensi persepsi dan respon pengemudi.

2. Desain Rambu

Warna, bentuk, ukuran, dan tingkat retrorefkejsu yang memenuhi standar akan menarik perhatian pengguna jalan, mudah dipahami dan memberikan waktu yang cukup bagi pengemudi dalam memberikan respon.

3. Lokasi Rambu

Lokasi rambu berhubungan dengan pengemudi sehingga pengemudi yang berjalan dengan kecepatan normal dapat memiliki waktu yang cukup dalam memberikan respon.

4.Operasi Rambu

Rambu yang benar pada lokasi yang tepat harus memenuhi kebutuhan lalu lintas dan diperlukan pelayanan yang konsisten dengan memasang rambu yang sesuai kebutuhan.

5.Pemeliharaan Rambu

Pemeliharaan rambu diperlukan agar rambu tetap berfungsi baik.

Written by admin

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *